Fusion Koloke

Fusion Koloke

kenapa aku beri nama fusion? karena resep ini hasil kreasi aku yang aku padukan dari catatan seorang ahli kuliner eropa dan ajaran mama tersayang yang notabene asli 'wong jowo'...disamping biar keren ajaaa...hihihihi...lebayyyy mode: always on

Sebelum mulai, siapkan dulu semua bahan-bahannya


  • 300 gram fillet ayam, pilih bagian dada yang bebas lemak dan kulit (biar sehatttttt....)  iris tipis melintang serat.  rendam dengan air perasan satu buah jeruk nipis yang dicampur dengan 1 sendok makan saus tiram.  sisihkan bahan ini atau biarkan di lemari es kurleb 20 menit agar meresap.
  • siapkan tepung pelapis yang terdiri dari  :  100 gr tepung bumbu siap saji (aku pakai kobe), 100 gr tepung terigu protein sedang (segitiga biru), 50 gr maizena dan 3 sm tepung roti (bisa dilewatkan, hanya untuk tekstur ajaaaa..)
  • masukkan tepung pelapis ini dalam satu wadah semacam toples yang agak tinggi (aku pakai produk tupperware...hihihihi)  tutup lalu kocok agar rata. sisihkan.
  • dalam wadah cekung semacam mangkuk kaca, tuangkan setengah gelas susu (aku buat dari satu sachet dancow full cream dan setengah gelas air) dan dua butir telur, kocok rata.
  • masukkan potongan daging ayam yang udah direndam air jeruk nipis tadi ke dalam kocokan telur dan susu.  biarkan beberapa saat, kurleb lima hingga sepuluh menit.
  • ambil satu potongan ayam, masukkan dalam toples, kocok-kocok agar potongan daging terlapisi tepung. masukkan potongan lain, lakukan hal yang sama hingga kira-kira sepuluh potong atau lebih. tutup toples lalu kocok rata.  hal ini membuat potongan ayam sepenuhnya terlapisi tepung secara rata.
  • panaskan minyak goreng, kira-kira 500 ml.  masukkan potongan ayam satu per satu, goreng hingga matang berwarna keemasan.  angkat, letakkan pada penyaring lalu tebarkan di kertas merang / kertas yang sifatnya menyerap minyak.
  • lakukan hal yang sama sampai seluruh potongan ayam digoreng.
  • sekarang siapkan bahan sausnya.  cincang kasar 1 buah bawang bombay, keprak dan iris halus 2 siung bawang putih, iris kasar 1 buah lombok merah besar tanpa biji. kupas bersih satu buah nanas kecil, potong-potong sesuai selera. kupas satu buah wortel (aku pakai wortel manis, rasanya lebih renyah dan enak), lalu potong memanjang ukuran 1 x 2 cm (terserah sih mau dibentuk gimana, aku suka bentuk ini karena lebih praktis).
  • panaskan 3 sm margarine, tumis lombok merah besar, bawang bombay dan bawang putih hingga harum. masukkan satu botol saus tomat ukuran kecil (aku pakai del monte yang rasanya lebih 'nomat'...hihihihi).  tambahkan saus tiram dan kecap manis, aduk rata.  tambahkan segelas air, aduk rata. setelah mendidih, masukkan potongan wortel dan nanas.  tambahkan gula dan garam secukupnya.  saus ini rasanya asam manis.  masukkan potongan nanas. biarkan beberapa saat, rasakan kembali. tambahkan bumbu hingga rasanya pas sesuai selera.  sementara  itu aduk rata 1 sm maizena dalam 1/4 gelas air dingin. setelah saus tadi mendidih, masukkan larutan maizena dan aduk cepat.  matikan api.  pindahkan ke mangkuk.
  • sajikan gorengan fillet ayam dengan sausnya bersama nasi hangat....
  • huuuummm....yummmmyyy
perendaman dengan susu membuat ayam tetap terasa gurih dan empuk meski telah dingin.  ini tips hasil trial and error selama jadi koki si papi dan anak-anak tersayang.

Comments

Popular posts from this blog

ikan bakar pontianak

PUKIS PANCUNG KUNO

AYAM KARAMEL, oleh-oleh dari pulau dewata