Klappertaart ala Bunda Rara

Lembutnya membelai lidah, manis dan legitnya kelapa muda berpadu dengan kaya rasa susu dan keju...rasanya woooowww bangetttt... dehhh...resep ini aku dapat dari http://myresep.blogspot.com/2007/09/klappertart-original-recipe-by-ellen.html dengan beberapa modifikasi agar sesuai dengan seleraku dan keluarga. 
Bahan : 
150 gr gula (aslinya 200, tp karena susu kental manis dan air kelapa udah manis, aku kurangin biar gag terlalu eneg)
100 gr tepung terigu (aslinya 250 gr, aku kurangi agar rasanya lebih lembut dan tidak padat) 
100 gr butter atau margarine, cairkan (aku pakai campuran 75 gram blueband dan 25 gr wijsman butter) 
210 ml air kelapa 
 1/2 kaleng SKM


2 kelapa muda,keruk isinya (pilih yang tidak terlalu berlendir, jadi dagingnya cukup tebal 
240 gr telur utuh( dari ukuran 4x 60 gr telur) 
100 gr kismis 
20 gr irisan kenari/almond
vanili 
untuk tambahan rasa, bisa ditambahkan 2 potong roti tawar sobek-sobek 
75 gr keju kraft (optional, aku suka tambahkan ini untuk memperkaya rasa krn anak-anakku suka banget sama keju) 


Cara : 
Larutkan SKM dgn air kelapa, sisihkan.
Kocok telur dan gula sampai fluffy (jangan sampai kental seperti kalo buat cake yaaa...) 
Tambah vanili, tepung, susu dan mentega cair, aduk terus dgn sendok kayu sampai busanya hilang. 
Tambahkan bahan-bahan lain kecuali keju dan 1/2 bagian kismis. 
Tuang ke cetakan glassproof (aku pakay pyrex diameter 25 cm) dan panggang dgn suhu 170-180° Centigrade. 
 Setelah setengah matang, keluarkan dari oven, tambahkan sisa kismis, sedikit tekan agar masuk ke dalam tapi masih muncul di permukaan. 
 Parutkan keju merata di atasnya. 
 Oven kembali, jika menggunakan oven yang dilengkapi pengatur api bawah dan atas, gunakan api atas bawah agar matang kekuningan dan merangsang selera makan.... 


Sajikan dingin lebih nikmat... hemmmmmm...

Comments

Popular posts from this blog

ikan bakar pontianak

PUKIS PANCUNG KUNO

AYAM KARAMEL, oleh-oleh dari pulau dewata