DABARA CHEESE MUFFIN, NGE'CHEESE' BUANGETTTT DAN EMPUK LOH ^_^

Muffin termasuk kue favorit pas aku berkunjung ke toko kue, pernah sih aku coba bikin, tapi prosesnya ruwet bingit (lupa tuh resep dapat dari mana, yang keinget cuma ruwetnya dan rasanya yang terlalu berkalori).  Semalam, iseng-iseng browsing kok nemu foto cheese muffin yang menggiurkan banget dari http://www.homecookingadventure.com/recipes/cheese-muffins.  Tapi liat resepnya langsung down, karena beberapa bahan gag ada dalam stok dapurku, ada juga yang lihat aja nggak pernah...hehehehe...
Tapi dasar si emak, kalo udah mood bikin kue ya harus jalan.  Akhirnya bikin modifikasi sendiri dan taraaaaaa.....hasilnya tidak mengecewakan kalo tidak bisa dibilang sangat bagus ^_^

Sebelum aplot resepnya ke blog, aku merasa perlu untuk menguji, bagaimana kondisi muffin ini dalam kondisi dingin atau setelah beberapa jam berlalu.  Ternyata pagi ini pas aku cek, rasanya masih se-yummy waktu baru keluar dari oven ^_^
Ga keras seperti kebanyakan muffin.  
Buat sahabat yang pengen bikin, cekidot resepnya yaaaaa...


Siapin dulu semua bahannya yaaaa...
  • 1 1/2 cup (170 gr) tepung protein sedang
  • 1 1/2 tbs gula pasir (resep asli 1 tbs)
  • 2 tsp baking powder (aku pakai punya rb yang super)
  • 1/2 st garam
  • 1 1/2 cup keju kraft, parut (resep asli pakai 2 cup)
  • 1 cup (250 ml) susu cair (resep asli pakai 1/2 cup susu cair dan 1/2 cup plain yoghurt)
  • 2 butir telur buang 1 putih telurnya (resep asli pakai 1 butir telur)
  • 1/4 cup (55 gr) butter (aku pakai campuran margarine dan sedikit aussie butter), lelehkan.
  • 1 btr telur dan keju parut untuk olesan atasnya.

Kalo semua dah siap, yuk mulai gedubrakan...wkwkwkwk


  • Panaskan oven hingga 180 derajat celsius
  • Dalam satu baskom, campur semua bahan kering, tepung terigu, gula pasir, garam, baking powder, keju parut. Aduk rata.  Sisihkan.
  • Dalam panci kecil (aku pakai panci fitri...hihihihi) lelehkan margarine dan butter sampai sekedar leleh saja, biarkan sejenak, tambahkan susu cair dan telur, aduk rata dengan whisk.
  • Ambil baskom berisi bahan kering tadi, buat semacam sumur di bagian tengah baskom lalu tuang larutan susu ke tengahnya.
  • Dengan whisk, aduk pelahan hingga rata.  Adonan berbentuk kental dan bergerindil karena keju parut.
  • Siapkan loyang muffin ukuran kecil, aku pakai yang diameter bawahnya 5,5 cm, satu cetakan isi 9 muffin. Alasi dengan paper cup.  
  • Tuang adonan ke dalamnya.  Resep asli menyatakan satu adonan ini cukup untuk 12 muffin kecil.  Tapi karena aku malas menyediakan dua loyang, aku buat aja pas untuk 9 buah sesuai loyangku.
  • Oven matang sekitar 20-25 menit hingga bagian atas sedikit keemasan.  Keluarkan dari oven, oles dengan telur lalu taburi keju parut.  Oven kembali hingga keju terlihat keemasan.
Dimakan panas sambil ditiup-tiup...rasanya woooowww....
Dimakan kondisi dingin juga okehhh....
Yang jelas...sangat amat mengenyangkan gituuu...





Comments

Popular posts from this blog

ikan bakar pontianak

PUKIS PANCUNG KUNO

AYAM KARAMEL, oleh-oleh dari pulau dewata