Puding Jeruk Markisa

bosan makan buah segar begitu saja? buat pudding aja yukkk....lebih kaya serat dan lebih yummy pastinya  ^_^

Bahan : 
2 bks agar-agar bubuk 
1000 cc air
250 cc jus jeruk segar (dari perasan jeruk sunkist atw jenis lain, harus ada asemnya dikit)
250 cc jus markisa (asli makassar ^_^)
200 gr gula pasir

cara membuat :
siapkan cetakan puding sesuai selera, basahi dengan air matang
ambil 500 cc air, larutkan 1 bks agar-agar, aduk rata, tuang dalam panci, tambahkan 100 gr gula pasir, masak hingga mendidih.  matikan api, tuang jus jeruk, aduk rata.  tuang dalam cetakan, biarkan hingga sedikit membeku / bagian atas membentuk lapisan beku yang tebal
ambil 500 cc air, larutkan 1 bks agar-agar, aduk rata, tuang dalam panci, tambahkan 100 gr gula pasir, masak hingga mendidih. matikan api, tuang jus markisa, aduk rata. tuang dalam cetakan berisi puding jeruk.  biarkan uapnya hilang baru masukkan lemari pendingin. 
cara ini bisa digunakan untuk membuat puding aneka buah segar, seperti mangga, melon, sirsak, apel. konsepnya adalah penambahan buah segar yang biasanya enak dimakan mentah, jangan pernah memasak diatas api apalagi hingga mendidih, karena rasanya pasti beda. 




tips  :
membuat puding lapis yang tetap berlapis dan tidak terlepas lapisannya, sederhana aja kok.  cukup membiarkan lapisan pertama sedikit membeku dan kalo disentuh ujung jari masih ada lembut-lembutnya gitu, tuangkan lapisan kedua dalam kondisi baru diangkat dari api. tuang pelahan merata, tidak di satu tempat, gunakan sendok untuk menahan 'curah' adonan puding agar tidak terlalu keras menimpa lapisan pertama yang masih sedikit beku tadi.
membuat puding dari alpukat, pantangan yang harus diingat adalah 'jangan pernah merebusnya hingga mendidih' karena rasanya bisa berubah menjadi sangat pahit :)
(keinget bener pas ada pesanan 50 cup pudding alpukat, rasanya pahit semua....pengen nangissss  dehhhhh)

Comments

Popular posts from this blog

ikan bakar pontianak

PUKIS PANCUNG KUNO

AYAM KARAMEL, oleh-oleh dari pulau dewata