my rainbow after the rain

org bilang bikin rainbow cake itu susah...enggak juga...yang penting sih telaten dan bener-bener punya niat utk menyajikan yg terbaik buat orang-orang terkasih. resep ini beda dri resep-resep yg bnyak beredar di web, dijamin rasanya seeeppp..dah bnyk yg menyaksikannya kok  :)

siapin aja :
3 loyang bundar diameter 22 cm, dengan segala kelebihannya aku lebih suka pakai loyang teflon, gag bikin stress dan cepet dibersihkan.  oles dengan margarine, trus alasi dengan paper parchment, olesi margarine lagi, sisihkan

cairkan 200 gr blue band.  ingat gunakan api kecil dan matikan sebelum seluruh margarine meleleh. sisihkan

persiapkan 70 gr tepung terigu protein sedang, 30 gr susu bubuk, 30 gr maizena

2 st emulsifier (boleh sp, tbm, alfa gell..terserah dahh...)

pecahkan 4 butir telur dalam baskom kecil, ambil kuningnya saja.  masukkan dalam baskom lain yang berisi 6 butir telur antero (lengkap merah dan putihnya).  tambahkan 110 gr gula pasir.

langkah pembuatannya :
kocok telur dan gula pasir hingga rata, masukkan emulsifier, kocok lagi hingga kental berjejak.  cara mengujinya cukup ddngan mematikan mixer sebentar dan mengangkatnya, jika adonan tidak jatuh, berarti sudah cukup acara mengocoknya. matikan mixer.

ayakkan tepung terigu di atas adonan, aduk dengan teknik melipat adonan. lakukan sampai tepung habis.  tuangkan blueband, aduk kembali dengan teknik lipat. lakukan hingga seluruh adonan tercampur rata.

bagi adonan menjadi tiga yang sama rata.  biasanya aku pakai timbangan dengan masing-masing berat kurleb 275 gr.  beri masing-masing bagian dengan pewarna dan pasta sesuai selera.
warna ungu, biru dengan pasta vanilla, warna hijau dengan pasta pandan.

oven masing-masing hingga matang

buat lagi adonan dengan cara yang sama dan bagi tiga warna lagi, beri pewarna merah (stroberi) jingga (orange) dan kuning (lemon).

dinginkan masing-masing lapis adonan. sementara itu siapkan adonan butter creamnya.
kocok rata 500 gr mentega putih dengan 1 kaleng susu kental manis.  beri pasta vanila.

olesi masing-masing lapisan dengan butter cream ini.  tumpuk sesuai warna pelangi.  ratakan pinggirnya dengan pisau.  olesi rata dengan butter cream dan taburi trimis warna-warni. hasilnya....taraaaaa.....woooowwww....

Comments

Popular posts from this blog

ikan bakar pontianak

PUKIS PANCUNG KUNO

AYAM KARAMEL, oleh-oleh dari pulau dewata